Rabu, 18 Juli 2012

Kandungan rokok


Kandungan rokok

Asap rokok mengandung lebih dari 4.000 macam zat. Beberapa dari zat tersebut berbahaya bagi kesehatan, karena dapat menyebabkan kanker. Zat-zat tersebut antara lain tar, nikotin, senyawa piridin, amoniak, karbon dioksida, karbon monoksida, asam organik, aldehida, dan keton.
Beberapa zat yang merupakan komponen dominan penyusun rokok, antara lain tar, nikotin, dan karbon monoksida.

a.       Tar
Tar adalah cairan berwarna cokelat. Tar dapat merusak paru-paru, menghambat siklus oksigen dalam darah, menyebabkan kanker, dan gangguan pernapasan seprti bronkitis.

b.      Nikotin
Nikotin bersifat racun. Nikotin dapat menyebabkan kerusakan jaringan otak dan jaringan hati, membuat gigi, kuku, lidah dan jari tangan menjadi kuning, menaikkan tekanan darah, dan dapat memacu kerja jantung dapat menyebabkan kerusakan jaringan otak dan jaringan hati, membuat gigi, kuku, lidah dan jari tangan menjadi kuning, menaikkan tekanan darah, dan dapat memacu kerja jantung. Meningkatkannya kerja jantung menyebabkan kebutuhan tubuh akan oksigen juga meningkat. Sementara itu, gas karbon monoksida yang dihasilkan oleh asap rokok malah mengikat hemoglobin, yang berakibat tubuh kekurangan oksigen. Akibatnya, otot jantung akan mengalami kerusakan.

c.       Karbon monoksida

Karbon monoksida adalah gas yang bersifat racun. Gas karbn monoksida dapat mengikat hemoglobin. Ikatan gas karbon monoksida dengan hemoglobin lebih kuat dibandingkan ikatan hemoglobin dengan gas oksigen. Akibatnya, tubuh akan kekurangan oksigen.
 dengan hemoglobin lebih kuat dibandingkan ikatan hemoglobin dengan gas oksigen. Akibatnya, tubuh akan kekurangan oksigen.
CO(g) + Hb à HbCO  ikatannya sangat kuat
O2(g) + Hb à HbO2  ikatannya lemah
Kekurangan oksigen dapat menyebabkan napas menjadis sesak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar