Rabu, 18 Juli 2012

Dampak negatif dari rokok

Dampak negatif dari rokok

Rokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, diantaranya : kanker paru-paru, penyakit jantung, dan bronkitis.

a.       Kanker paru-paru
Tar dan zat-zat yang bersifat iritant dapat masuk ke dalam paru-paru serta menyebabkan kerusakan sel. Sel-sel yang rusak tersebut tumbuh dengan cepat secara tidak normal. Sel inilah yang dinamakan sel kanker. Gumpalan-gumpalan sel kanker akan menghambat pertukaran udara dalam paru-paru. Akibatnya, perderita kanker akan sulit bernapas.

b.      Penyakit jantung
Asap rokok dapat menyebabkan darah muda membeku. Asap rokok juga dapat menyebabkan kerusakan dalam dinding pembuluh darah dan meningkatkan jumlah lemak pada dindingpembuluh darah tersebut. Akibatnya, pembuluh darah menjadi sempit dan aliran darah menuju ke jantung menjadi terganggu. Jantung akan kekurangan makanan dan oksigen. Pada akhirnya, orang tersebut akan menderita penyakit jantung.

c.       Bronkitis
Pembuluh udara pada paru-paru memiliki banyak bulu-bulu halus yang berfungsi untuk menyaring udara dari debu dan kuman penyakit. Asap rokok menyebabkan kerja bulu-bulu halus ini menjadi terganggu, sehingga debu dan kuman masuk ke dalam paru-paru dengan mudah. Akibatnya, paru-paru menghasilkan banyak lendir yang menyebabkan perokok batuk secara yerus-menerus. Hal ini menyebabkan pembuluh udara dalam paru-paru menjadi bengkak dan meradang.ini dinamakan bronkitis. Penderita bronkitis akan sulit bernapas dan dapat menyebabkan kematian jika tidak diobati untuk wakyu yang lama  

Untuk memahami lebih lanjut tentang penyakit yang disebabkan oleh merokok,  dibawah ini ada sebuah gambar yang memperjelas efek merokok menurut organ secara spesifik:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar